Rabu, 01 Februari 2017

Tahukan kamu tanpa kedua alat ini Dermaga tidak dapat beroperasi Lho..

Dermaga merupakan sebuah tempat yang terdapat pada pelabuhan yang sangat berguna, bahkan pelabuhan tanpa dermaga maka pelabuhan tersebut akan mati, dan tidak akan disebut pelabuhan melainkan hanya seonggok bangunan pinggir laut saja.
Demikian pula dengan dermaga meskipun menjadi suatu kewajiban adanya dermaga disuatu pelabuhan tetapi tetap dermaga pun akan mati tanpa kedua alat yang terbilang hanya sebagian kecil saja dari dermaga, kira-kira apa ya benda tersebut?.
Yuk kita bahas..

Yang pertama adalah rubber fender dermaga!

Rubber fender dermaga adalah suatu benda yang dibuat dari karet tertentu yang memiliki sifat memenuhi syarat yang disesuaikan dengan fungsi dan kegunaan rubber fender tersebut, mungkin bagi kita sebagai awam tidak pernah memperhatika kehadiran benda-benda ini disekitar kita, atau kita pernah atau sering melihatnya namun tidak faham dan mengerti apa nama benda tersebut dan apa pula fungsinya.
Rubber fender dermaga biasanya terdapat di dermaga-dermaga pada pelabuhan di seluruh dunia, yang memiliki fungsi sebagai alat pelindung atau bumper yang dipasang pada tepian dermaga dan berguna sebagai penahan atau peredam energy yang dihasilkan dari hantaman kapal dengan dinding dermaga, sehingga dapat mencegah kerusakan baik pada dermaga itu sendiri juga pada fisik kapal-kapal yang bersandar di dermaga.
Jenis-jenis rubber fender dermaga sangat bervariatif dan juga terdapat berbagai jenis ukuran yang disesuaikan dengan fungsinya, ada rubber fender khususu dermaga, ada pula rubber fender yanh khusus untuk kapal serta terdapat pula rubber fernder yang dapat dipasang baik pada dermaga juga kapal laut.
Berikut ini beberapa jenis rubber fender yang umum dikenal
Arch Rubber fender atau rubber fender type V

Rubber fender type M

Super Cell Rubber fender

Super Cone Rubber fender

Cylindrical Rubber fender

Tugboat Rubber fender

Rubber fender type D

Element Rubber fender

Suare Rubber fender

Frontal frame fender

Dan masih ada juga jenis lainnya, jenis dan macam-macam rubber fender diatas sudah umum digunakan di dermaga pada pelabuhan-pelabuhan diseluruh dunia, hanya mungkin saja kita tidak pernah tahu mengenai rubber fender ini, sehingga luput dari perhatian dan tidak menyadari kehadiran benda-benda ini ditengah-tengah kita

Yang ke dua adalah bollard atau tiang

Selain rubber fender dermaga, alat lain yang tidak kalah penting pada suatu dermaga dan bahkan wajib adanya adalah bollard, bollard merupakan alat yang terbuat dari besi yang kuat biasanya dipasang khusus pada tepian bibir dermaga.
Bollard berfungsi sebagai tiang pengikat tali kapal atau penambat tali kapal pada dermaga disaat kapal bersandar, tentusaja berguna untuk menahan kapal agar tidak bergerak atau melaju jika diterka ombak maupun angin.
Bollard khusus dermaga terdapat dalam 3 jenis yang umumnya digunakan, namun secara keseluruhan sangat banyak bentuk dan ragamnya, berikut 3 jenis bollard dermaga yang sudah umum digunakan
Bollard Tee

Bollard Bitt

Bollard Harbour

Nah secara kesimpulan maka tanpa kedua alat tersebut diatas rubber fender dan juga bollard maka dermaga tidak akan berguna dan tidak dapat di oprasikan
 Apakah ada pabrik pembuat kedua alat diatas di indonesia??
Banyak dan salahsatunya adalah CV.Cahaya Bojongkokosan Rubber
Beralamat di Sukabumi - Jawa barat
Yang bergerak khusus dibidang rubber fender dan Metal, silahkan baca seengkapnya http://cahayarubberfender.com

Simpan
Simpan
Simpan
Simpan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar